Selasa, 20 Januari 2009

KMM “Sumber Rejeki” Gelar Pelatihan Tata Boga


KELOMPOK Masyarakat Mandiri (KMM) “Sumber Rejeki” Desa Pojok Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung terus melakukan terobosan untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan anggotanya. Kali ini upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan kegiatan Pelatihan Tata Boga pada Minggu, 18 Januari 2009.

Menariknya, pelatihan yang berlangsung di rumah Maryulin Dusun Ngadirejo Desa Pojok tersebut tidak hanya diikuti oleh anggota KMM “Sumber Rejeki”, namun juga melibatkan sejumlah peserta dari desa-desa lain di wilayah Kecamatan Ngantru, seperti Banjarsari, Kepuhrejo, Banjarsari dan Padangan. Bertindak selaku tutor atau instruktur pelatihan adalah Suswati asal Desa Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol.
Materi teori dan praktek pembuatan berbagai jenis kue yang diberikan oleh instruktur diikuti dengan serius oleh seluruh peserta pelatihan. Mereka berharap dapat menimba banyak ilmu tentang tata boga dari sang instruktur, tidak hanya teori tapi juga bagaimana langsung mempraktekkannya.
Ketua KMM “Sumber Rejeki” Siti Mukaromah berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan atau sumber daya kaum perempuan di bidang tata boga untuk selanjutnya bisa dikembangkan menjadi usaha ekonomi produktif. KMM “Sumber Rejeki” menginginkan kaum perempuan di Kecamatan Ngantru ini berdaya secara ekonomi, sehingga mampu menjadi mandiri dan sejahtera.
Dijelaskan Siti, pihaknya sengaja mengundang kaum perempuan dari desa-desa lain di Kecamatan Ngantru, tujuannya tidak lain untuk membangun jaringan. Harapannya, ke depan bisa muncul kelompok-kelompok perempuan secara lebih luas di wilayah Kecamatan Ngantru. “Semakin banyak kelompok terbentuk, maka kaum perempuan akan semakin kuat,”ujarnya.

Tidak ada komentar: