Selasa, 20 Januari 2009

MUKTAMAT, Gerakkan Komunitas Perempuan dengan Sentuhan Agama


KEKOMPAKAN anggota Kelompok Masyarakat Mandiri (KMM) “Sumber Makmur” Desa Tugu Kecamatan Sendang dalam mewujudkan komunitas yang berdaya, mandiri dan sejahtera tampak semakin meningkat. Dalam setiap pertemuan rutin bulanan misalnya, sebagian besar anggotanya selalu hadir. Ikatan emosional antar anggota kelompok juga kian terpupuk.

Semua itu tentu merupakan hasil kerja keras semua anggota KMM “Sumber Makmur”. Namun, di balik itu ada salah satu nama yang memiliki peran cukup menonjol. Dia tidak lain adalah Bapak Muktamat, Bendahara KMM “Sumber Makmur” yang juga tokoh agama, tokoh masyarakat dan pegiat kesenian Islam Desa Tugu.
Bapak Muktamat merupakan satu dari empat laki-laki yang tergabung dalam KMM “Sumber Makmur”, yang sebagian besar anggotanya adalah perempuan. Meski usianya tidak lagi muda, tapi mobilitasnya cukup tinggi. Karena itu, dialah yang kemudian dipercaya menjadi penggerak utama kelompok tersebut.
Ia mengaku senang dengan adanya kelompok perempuan ini. Apalagi kalau bisa kompak dan kuat. Bapak Muktamat akan mencurahkan segenap tenaga dan pikirannya untuk membesarkan KMM “Sumber Makmur”.
Bapak dengan 2 putera dan 1 puteri ini dikenal sebagai motivator. Dialah yang selalu memberi motivasi atau dorongan kepada anggota kelompok agar selalu menjaga kekompakan dengan memakai sentuhan atau pendekatan agama. Cara ini terbukti cespleng, apalagi sebagian besar anggota kelompok masih awam tentang agama.
“Dalam setiap pertemuan kelompok, jika tidak ada halangan yang sangat mendesak, saya selalu menekankan agar semua anggota hadir,”kata Bapak Muktamat.
Bagi dia, membangun kelompok yang kuat dan solid memang butuh pengorbanan dan kerja keras. Untuk mewujudkan kesadaran semacam ini tentu tidak mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi. Dicontohkan, setelah mendapatkan anggaran dari APBD Tulungagung yang diwujudkan dengan pembelian kambing ternak, sebagian anggota justru semangatnya turun. Makanya dia terus memberi motivasi agar semangat anggota kelompok kembali bangkit.

Tidak ada komentar: